Rabu, 30 Maret 2016

Kegunaan dan Manfaat Olahraga Panahan

Kegunaan dan Manfaat Olahraga Panah. Panah (panahan) kini menjadi sebagian olahraga yang cukup populer, baik di internasional maupun Indonesia. Tren ini tidak terlepas dari kemunculan berbagai film yang menampilkan tokoh-tokoh jago memanah. Dari The Lord of The Rings lewat tokoh Legolas, The Hunger Games dengan tokohnya Katniss Everdeen, Brave sampai yang paling baru 3 Srikandi.

Ya, booming olahraga panah di Indonesia sendiri semakin marak setelah kemunculan film 3 Srikandi. Film nya sendiri masih dalam proses syuting, namun gaungnya sudah cukup ramai. 3 Srikandi sendiri adalah film yang mengangkat kisah nyata tiga atlet panah Indonesia yang memenangkan olimpiade di Seoul pada 1988. Dibintangi oleh aktris Chelsea Islan, Tara Basro dan Bunga Citra Lestari.

"Saat ini peminatnya luar biasa. Dulu saya berlatih (tahun 2012) masih sedikit orangnya. Tapi saat ini datang dari mana-mana dan jumlahnya banyak luar biasa," ujar pelatih panah Eka Septia Wulan saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Senin (14/9/2015).

perempuan yang menekuni panah sejak 2012 ini menambahkan, selama menjadi pengajar di awal 2015, anak-anak menjadi peserta yang paling banyak. Namun ada pula muridnya yang orang dewasa hingga yang paling tua berusia 64 tahun.

Apa hal yang paling menyenangkan dari olahraga panah dan seperti apa manfaatnya? Menurut perempuan yang biasa disapa Wulan ini, sebagian manfaatnya untuk membangun karakter anak yg dapat menjadi sebagian program dalam sekolah panah tempat ia bekerja, Indonesian Archery School Program.

Kegunaan dan Manfaat Olahraga Panahan

"Kalau latihan panah untuk jalur prestasi kita akan bantu, tapi kita sendiri lebih concern di character building dan hobi," tutur perempuan berusia 29 tahun ini.

Wulan menambahkan, panah juga dapat menjadi terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Tujuannya agar mereka lebih relaks dan mengendalikan diri.

"Di panah diajarkan untuk tenang, relaks, nggak terburu-buru, nggak boleh tegang atau kaku," terangnya.

Bagaimana dengan manfaatnya untuk orang dewasa? Tak jauh berbeda dari anak-anak. Kegunaan lainnya untuk melatih koordinasi antara gerakan tangan dan mata, fleksibilitas jari-jari, melatih kesabaran, meningkatkan fokus dan kepercayaan diri.

Seperti dikutip dari Health Fitness Revolution, panah juga dapat menjadi tempat sosialisasi. Orang dari berbagai rentang usia dan pekerjaan dapat menikmati olahraga panah dan hampir semua kalangan dapat ikut berpartisipasi dalam kompetisi. Ditambah lagi jika kompetisi dilakukan per kelompok, olahraga ini dapat melatih kemampuan kerja sama tim. Tertarik belajar panah?
Disqus Comments