Selasa, 29 Maret 2016

13 Kegunaan dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


13 Kegunaan dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Jahe bukan hanya menghangatkan badan ataupun mengurangi rasa mual. Jahe juga mempunyai manfaat lain yang sudah dibuktikan penelitian, namun belum diketahui masyarakat luas. Jahe adalah salah satu tanaman yang layak dilabeli menjadi superfood. Tidak hanya memberikan rasa khas di lidah, jahe juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. berikut 8 manfaat sehat jahe yang mungkin belum pernah Kamu baca:

1. Kegunaan Jahe Turunkan gula darah

Manfaat jahe untuk menurunkan gula darah ditemukan peneliti tahun 2015 lalu. Konsumsi 2 gram bubuk jahe per hari mengurangi kadar gula darah sebesar 12 persen.

2. Kegunaan Jahe Meredakan rasa pegal

Rasa pegal gara-gara sehabis berolahraga dapat dihilangkan dengan jahe. Studi yang dilakukan pada tahun 2009 menyebut rasa pegal dan nyeri gara-gara peradangan otot dapat reda dengan mengonsumsi 2 gram jahe per hari.

3.Kegunaan Jahe  Kurangi nyeri sendi

Radang sendi atau osteoarthritis dapat menyerang siapa saja. Dan penelitian menemukan rasa nyeri di sendi gara-gara osteoarthritis berkurang dengan mengoleskan campuran jahe, cinnamon, dan minyak wijen.

4. Kegunaan Jahe Kontrol kadar kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) sangat tergantung dari konsumsi makanan Kamu. Dengan mengonsumsi 3 gram jahe per hari, kadar kolesterol dapat turun 12 persen dan mengurangi risiko serangan jantung hingga 42 persen.

5. Kegunaan Jahe Obati gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan kronis (dyspepsia) dapat diobati dengan mengonsumsi 1,2 gram jahe sebelum makan. Jahe mempercepat proses pengosongan perut sebesar 50 persen dan mengurangi rasa nyeri yang timbul.

6. Kegunaan Jahe Cegah Alzheimer

Konsumsi jahe tidak hanya baik untuk sistem pencernaan saja. Kandungan antioksidan dan komponen bioaktif di jahe mampu mengurangi risiko menurunnya fungsi kognitif otak, yang secara tak langsung mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

7. Kegunaan Jahe Perangi infeksi

Peran gingerol dalam jahe tidak hanya anti-inflamasi dan menghasilkan sensasi pedas. Gingerol terbukti dapat memerangi bakteri jahat yang menyebabkan gingivitis dan periodontitis.

Baca juga: 

8. Kegunaan Jahe Hilangkan nyeri haid

Nyeri haid (dysmenorrhea) dapat diatasi dengan mengonsumsi 1 gram bubuk jahe pada tiga hari pertama menstruasi. Efek yang dihasilkan jahe sama seperti efek yang dihasilkan oleh obat asam mefenamic dan ibuprofen.

9. Melancarkan peredaran darah

Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

10. Kegunaan Jahe Perut kembung

Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

11. Kegunaan Jahe Mengobati migrain

Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

12. Kegunaan Jahe Demam dan batuk

Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredarah darah, kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

semoga 13 Kegunaan dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan ini bermanfaat. :)
Disqus Comments