Sabtu, 16 April 2016

Kegunaan, Fungsi, dan Macam - Macam Tower

Tower adalah sebuah alat yang sering kita jumpai di sekitar kita. alat ini biasa kita jumpai di perkotaan ataupun di perdesaan. Tower memliki ukuran yang beragam. selain itu bisa juga kita jumpai di sekolah-sekolah maupun warnet yang bersifat tower menengah kebawah. Untuk itu mari kita simak Kegunaan, Fungsi, dan Macam - Macam Tower.

Kegunaan Tower

Nah tower itu memiliki sebuah fungsi antara lain sebagai berikut :

Sebagai Sektor Telekomunikasi

Bagian telekomunikasi, khususnya selular, mengalami peningkatan sangat pesat. Belasan tahun lalu, Indonesia hanya mempunyai tiga operator saja, tetapi kini telah ada belasan operator selular yang terdaftar. Namun saat ini telah dibuat sebauh peraturan dan batasan penyedia telekomunikasi sehingga sebagian penyedia jasa melakukan 'merging' diakrenakan peraturan tersebut.

Ini menunjukkan Indonesia mempunyai peluang besar sampai dapat menarik banyak pemodal luar negeri maupun lokal yang hendak meraup untung dalam bisnis selular di Indonesia yang tetap tergolong “underdeveloped”, dari segi infrastruktur dan market penetrasi, tetapi memiliki bandrol “air time” yang adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Sebagai Penempatan Antena Radio

Pada sebuah peruhaaan radio pasti kita tidak asing dengan sebuah menara yang terpasang diatas bangunan atau studio radio tersebut, Ya kegunaan menara tersebut salah satunya sebgai tempat untuk penyiaran gelombang yang akan ditangkap oleh penangkap gelombang sperti radio televisi dan sebagainya.

Sebagai Penempatan Wlan Untuk Jaringan Internet

Wlan berfungsi sbg media akses internet dan tower sebagai tempat penyimpatan alat antena Wlan yang sebagai media akses internet. Tower triangle ini ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin memasang jaringan internet namun tidak memili saluran akses seperti jalur (kabel) telkom dan langsung disambung pada penangkap di daerah lain yang terdapat jaringan kabel telkom lalu diteruskan. CMIIW.

Macam - Macam Tower

Tower memiliki bergaia macam sesuai pungsi kegunaan serta besarnya kebutuhan yang ada. Mari kita simak macam-macam towet berikut:

Tower BTS

BTS merupakan singkatan dari Base Transceiver Station. BTS adalah suatu elemen dalam jaringan seluler (Cell Network) yang berperan penting menjadi pemancar dan penerima sinyal dari handphone pengguna (MS/Mobile Station). Tanpa adanya BTS, atau ketika BTS terdekat di lokasi Kamu bermasalah, dapat dipastikan sinyal yang diterima oleh MS ikut bermasalah seperti sinyal hilang, blank spot, telepon putus dan berbagai macam lainnya.


BTS secara umum memiliki bentuk menara pemancar dengan ketinggian bervariasi antara 40 - 75 meter, menyesuaikan kondisi geografis dan luas jangkauan jaringan yang dituju. Selain memiliki bentuk menara pemancar, ada juga "BTS Roof Top", yaitu antena pemancar yang umumnya diletakkan di atap gedung bertingkat dengan ketinggian tertentu. Selain itu, ada lagi BTS yang biasa kita lihat ketika terjadi bencana alam di suatu daerah , yaitu perangkat Mobile BTS yang dipakai untuk melayani kebutuhan telekomunikasi di daerah yang tak tercover BTS konvensional secara temporary.


Tower Triangle

Tower TriAngle merupakan sebuah alat yang sering kita jumpai di sekitar kita. alat ini biasa kita jumpai di gedung -gedung tinggi maupun perkantoran, selain itu dapat juga kita jumpai di sekolah-sekolah maupun warnet. Tower triangle sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak.

Selain dapat kita gunakan untuk meletakkan atau menjadi tempat pendukung dalam instalasi jaringan internet, tower triangle juga dapat juga diapaki untuk antena radio amatir maupun antena lainnya.

Tower Sutet (Tower Listrik)

Pada suatu “Sistem Tenaga Listrik”, energi listrik yang dibangkitkan dari pusat pembangkit listrik ditransmisikan ke pusat-pusat pengatur beban melalui suatu saluran transmisi, saluran transmisi tersebut mampu berupa saluran udara atau saluran bawah tanah, namun pada kebanyakan berupa saluran udara.


Energi listrik yang disalurkan lewat saluran transmisi udara pada kebanyakan menggunakan kawat telanjang sehingga mengandalkan udara menjadi media isolasi antara kawat penghantar tersebut dengan benda sekelilingnya, dan untuk menyanggah / merentang kawat penghantar dengan ketinggian dan jarak yang aman untuk manusia dan lingkungan sekitarnya, kawat-kawat penghantar tersebut dipasang pada suatu konstruksi bangunan yang kokoh, yang biasa disebut menara / tower. Antara menara / tower listrik dan kawat penghantar disekat oleh isolator.

Menurut fungsinya, menara / tower listrik dibagi atas 7 macam yaitu:

1. Tension tower, yaitu tower penegang, tower ini menanggung gaya tarik yang lebih besar daripada gaya berat, umumnya mempunyai sudut belokan.
2. Combined tower, yaitu tower yang dipakai oleh dua buah saluran transmisi yang berbeda tegangan operasinya.
3. Gantry tower, yaitu tower memiliki bentuk portal dipakai pada persilangan antara dua Saluran transmisi. Tiang ini dibangun di bawah Saluran transmisi existing.
4. Dead end tower, yaitu tiang akhir yang beralamat di dekat Gardu induk, tower ini hampir sepenuhnya menanggung gaya tarik.
5. Transposision tower, yaitu tower tension yang dipakai menjadi tempat melakukan perubahan posisi kawat fasa berguna memperbaiki impendansi transmisi.
6. Suspension tower, yaitu tower penyangga, tower ini hampir sepenuhnya menanggung gaya berat, umumnya tak mempunyai sudut belokan.
7. Section tower, yaitu tiang penyekat antara sejumlah tower penyangga dengan sejumlah tower penyangga lainnya karena alasan kemudahan saat pembangunan (penarikan kawat), umumnya mempunyai sudut belokan yang kecil.
Sekian Pembahasan Kegunaan, Fungsi, dan Macam - Macam Tower. Semoga bermanfaat :)
Disqus Comments