Minggu, 04 November 2018

Kegunaan dan Fungsi Ducting

Kegunaan dan Fungsi Ducting adalah untuk mendistribusikan udara di dalam gedung terdapat berbagai macam ducting dalam penggunaannya, fungsi sebagai supply udara dingin ke ruang yang dikondisikan (supply air), ducting yang berfungsi sebagai supply dari udara luar (fresh air) dan ada pula ducting yang berfungsi untuk membuang udara dari dalam ke luar (exhaust air).

Secara fisik bentuk ducting supply air ini berinsulasi karena untuk mempertahankan udara dingin yang didistribusikan tidak terbuang, sedangkan untuk ducting fresh air dan exhaust air ini tidak menggunakan insulasi, lapisan dari insulasi ini antara lain : 
  1. Glasswool, 
  2. Alumunium Foil, 
  3. Spindle pin/pengikat/tali/flinkote. 

Sedangkan untuk lapisan ducting didekat unit AC Indoor (untuk sistem AC Split) atau Unit AHU (Untuk sistem central) biasanya bagian dalamnya menggunakan Glasswool dan glassclotch, untuk meredam bunyi bising dari unit.

MACAM MACAM DUCTING

  1. Ducting kotak atau square duct 

adalah jenis ducting yang berbentuk kotak (segi empat) dengan ketebalan bahan yang disesuaikan dengan dimensi ducting tersebut.
Bahan ducting ini ada yang menggunakan zincalume, galvalum, BJLS, mild steel, dan ada juga dengan bahan polyurethane. Ketebalan bahan yang digunakan pada ducting kotak selalu berbeda-beda, jika ducting itu terbuat dari bahan material Zincalume, BJLS, galvalum dan mild steel.

2. Ducting kotak atau square duct 
Ducting spiral dibuat dengan menggunakan mesin rol yang canggih, kelebihan ducting ini bisa panjang hingga 4-6 meter, namun jenis ducting ini ketebalan bahan nya terbatas, umumnya mesin rol pembuat ducting ini hanya mampu mengerol dengan ketebalan maksimal 1,2mm. Selain jenis spiral ada juga yang disebut rounduct. Jenis ducting ini umumnya dibuat dengan mesin manual dan mesin semi otomatis. kelebihan ducting ini bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan yang lebih tebal dari bahan ducting spiral duct. Kelemahan ducting ini hanya bisa dibuat dengan panjang maksimal 2,4-3 meter dan itupun dalam diameter kecil karena bahan plate standar nya 1,2 x 2,4 meter.


Bahan yang digunakan untuk ducting itu sendiri bermacam-macam, ada yang terbuat dari bahan PVC, mild steel, BJLS (baja lapis seng), PU (Polyurethane), untuk ducting yang terbuat dari bahan PU tidak perlu menggunakan lapisan luar karena lapisannya sudah tersedia dari pabrikan hanya untuk lapisan dalamnya saja yang terdapat didekat unit menggunakan glassclotch. 

Secara umum ducting yang banyak digunakan adalah jenis ducting BJLS (Baja Lapis Seng) terdapat berbagai macam ukuran BJLS dan penggunaan ukuran pada ducting berikut ini beberapa ukurannya : 
  • BJLS 50 untuk ukuran ducting (mm) : 0-300 
  • BJLS 60 untuk ukuran ducting (mm) : 350-700 
  • BJLS 80 untuk ukuran ducting (mm) : 750-1200 
  • BJLS100 untuk ukuran ducting (mm) : 1200-1900 
  • BJLS120 untuk ukuran ducting (mm) : 1900-2400 
  •  BJLS140 untuk ukuran ducting (mm) : 2400

Ducting juga bisa diartikan sebagai cerobong baik berbentuk kotak ataupun round yang berfungsi sebagai media untuk menghisap udara kotor, asap, gas beracun, bau zat kimia dan lain-lain dari suatu mesin, tempat atau ruangan yang berpotensi zat-zat tersebut untuk dibuang ke udara luar. 

Akan tetapi pada proses ini kita harus berhati-hati dan harus mempertimbangkan gas atau zat apa yang akan kita buang ke udara luar. 

Apabila zat tersebut tidak bersifat bahaya dan tidak mengandung kontaminan yang membahayakan maka cukup hanya dengan menggunakan exhaust biasa saja dengan perlengkapan sederhana misalnya hanya dengan blower sebagai unit penghisap yang dibantu dengan ducting cerobong dan bantuan hood jika dirasa perlu, akan tetapi jika zat-zat yang akan dibuang itu mengandung zat kontaminan yang berbahaya seperti zat kimia betalaktam yang biasanya di industri-industri farmasi betalaktam ini tidak cukup hanya menggunakan exhaust biasa melainkan harus ada sistem filtrasi yang diyakini mampu menahan zat-zat berbahaya tadi sebelum dibuang ke udara bebas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan sistem wetscrubber dengan sistem filtrasi melibatkan air dan ditambah dengan pre filter, medium filter dan terakhir hepa filter, sehingga udara yang terbuang ke udara bebas sudah dipastikan tidak membawa zat kontaminan berbahaya.

1. Ducting BJLS (Seng) tanpa isolasi.
Adalah jenis ducting yang di gunakan untuk menyalurkan udara dimana ducting ini tidak mempertahankan kesetabilan suhu udara yang akan di salurkan. Hanya berfungsi sebagai penyalur saja dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari beberapa tempat ke dalam satu tempat.
Contohnya :
  • Ducting exhaust. Yaitu sirkulasi udara pada suatu ruangan misalnya toilet, tempat parkir dll
  • Ducting fresh air. Yaitu ducting yang di gunakan untuk menyalurkan udara segar dari luar ruangan menuju indoor unit ac seperti AHU ataupun FCU.
  • Ducting Intake. Untuk menyalurkan udara dari luar gedung menuju ruangangan yang membutuhkan udara segar. Seperti lahan parkir yang tertutup atau lainya.
Gambar detail dari ducting tanpa isolasi.

Gambar detail isolasi luar.

Ducting BJLS (seng) Isolasi Luar dan dalam.



Disqus Comments